20130312

Srikaya si buah nona


Kenapa dinamakan Buah Nona? diriku pun tak tau, yang jelas setelah sekian lama melihat penampakan buah ini, baru kemaren aku merasakan makan buah Nona alias Srikaya (kasian deh gue)Kalo dari nama latinnya srikaya = Annona Squamosa berasal dari daerah tropis.
Daging buahnya seperti buah sirsak mungkin masih kaka-ade kali ya. Untuk rasanya kalo sudah masak rasanya manis. Kalo disimpan maka buah ini akan hancur karena buahnya lembek banget. 
Kalo kemaren liat pohonnya itu di dekat sawah. Minggu ini lagi musim jadi banyak yang jualan di jalan-jalan
Kemaren makan sampe kenyang dan nggak makan nasi lagi. Dipikir-pikir bisa juga untuk diet kali ya.
Penasaran dengan rasa kenyangnya maka coba googling deh ternyata manfaatnya banyak juga :
  • Sebagai anti diare, menyembuhkan sembelit dan melancarkan pencernaan. Kandungan buahnya ternyata cukup lengkap ada karbohidrat, mineral, kalori, protein dan serat
  • Sebagai tanaman obat. Biji srikaya ini bisa ditumbuk dan mengatasi kutu rambut. Daun srikaya mengatasi bisul, anti radang, penyakit cacing usus.
  • Akarnya sering dipakai sebagai obat herbal, mengatasi radang dan depresi, sebagai tonikum penambah daya tahan tubuh
Keren juga ya manfaatnya, ternyata buah lokal tuh OKs banget loh...
Ayoo, beralih ke buah lokal, jangan buah impor melulu khan buah impor banyak pengawetnya dibanding buah lokal yang ada disekitar kita

 photo banner03-468x60_zps1d5c15f7.gif