Pages

20131115

Pengelolaan Limbah Rumah Tangga dengan Biority, peduli sekarang untuk anak cucu kelak

Setiap hari satu rumah pasti melakukan kegiatan rutin ini, ya pekerjaan cuci mencuci. Entah itu mencuci baju, mencuci piring, mencuci mobil atau mencuci diri alias mandi serta masih banyak lagi yang selalu ingin kita cuci biar semua menjadi kinclong
cuci baju sumber gambar klik disini
Aktivitas cuci mencuci ini selalu melibatkan deterjent, shampo, sabun yang sifatnya untuk membersihkan. Tetapi ternyata selain membantu kita membersihkan, bahan-bahan yang terkandung didalamnya mengandung zat kimia yang apabila dibuang secara sembarangan maka secara jangka pendek maupun jangka panjang akan berdampak buruk bagi lingkungan dan bagi manusia yang menempatinya.

Kita bahas salah satu saja ya...
Siapa yang tidak pernah menggunakan deterjen? Setiap hari pasti deh kita ketemu dan menggunakan deterjen, iya khan...
Deterjen adalah pembersih sintetis dari campuran berbagai bahan yang membantu membersihkan. Bahan-bahan ini terbuat dari turunan minyak bumi. Dibandingkan dengan sabun, deterjen agak sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme.
Setiap hari, satu rumah tangga menggunakan deterjen, mencampur dengan air, berbusa, setelah selesai maka bekas airnya biasanya kita buang kemana? Paling gampang pasti membuangnya langsung ke saluran air..nah selesai deh
Gampang dipemikiran kita tapi ternyata dampak buruknya akan sangat panjang bagi kelangsungan lingkungan hidup. Dari satu rumah tangga, coba pikirkan bila limbah itu dibuang oleh rumah-rumah yang lain, limbah dari usaha laundry, limbah cair dari perusahaan besar. Dalam jangka panjang kita akan dipaksa untuk menikmati air yang tercemar hasil tabungan kita sendiri karena membuang limbah cair ini secara sembarangan.
Mengapa air bekas cucian deterjen jangan dibuang sembarangan? Karena deterjen mengandung beberapa zat kimia antara lain:
  • Surfaktan, zat ini pada kulit akan menyebabkan kulit kasar. Sisa bahan surfaktan akan membentuk chlorbenzene yang bersifat racun dan membahayakan kesehatan
  • Phospate, bahan ini tidak mengandung racun bahkan menjadi nutrisi bagi tanaman, tapi apabila bahan dalam deterjen ini dibuang secara berlebihan ke dalam sungai maka susunan oksigen dalam air akan terganggu karena tanaman disekitar sungai menyerapnya secara berlebihan. Tanaman disekitar akan bertumbuh pesat, keseimbangan ekosistem akan timpang. Contoh yang nyata adalah begitu pesatnya perkembangan enceng gondok.
Pembuangan limbah deterjen secara terus-menerus akan menyebabkan air tercemar sehingga kontaminasi limbah  akan berpengaruh pada air yang kita minum dan menyebabkan penyakit yang ganas yaitu kanker.

Cara yang cerdas untuk menjaga lingkungan adalah tidak membuang secara sembarangan limbah apapun yang ada dirumah kita. Untuk membantu cara cerdas itu maka kita memerlukan suatu penemuan yang membantu kita membuang limbah cair ini.
Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman menemukan suatu penemuan dibidang IPTEK yang bisa membantu kita untuk menjaga lingkungan kita, khususnya menjaga air untuk kelangsungan hidup kita kelak.
Instalasi Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Tangki Septic Bermedia Kontak adalah solusi dalam pengelolaan limbah. Jadi sebelum dibuang ke saluran air maka alat ini akan bersifat sebagai filter, sehingga menjamin limbah yang kita buang menjadi air yang tak berbahaya bagi lingkungan.
Bagian penting dalam sistem ini adalah pemanfaatan kontak Technocell yang bermanfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan mikroorganisme.
Mikroorganisme yang berkembang bertugas untuk menguraikan tinja, bahan-bahan limbah, secara tidak langsung hal ini menyebabkan tanki septik tidak cepat penuh, umur tanki akan lebih panjang dan akan hemat tentunya.
Sistem ini dapat mengelola limbah sampai 75%. Alat ini bisa diproduksi secara masal, dan saat ini telah diproduksi serta dipasarkan oleh PT Tribina Semesta Technology, Jakarta dengan nama merk Biority(Biologically Purity).
Biority (sumber gambar klik)

Keunggulan Biority adalah ramah lingkungan, tidak memerlukan resapan, mudah dipasang, hemat ruang, material yang digunakan tahan akan korosi, air buangan dapat langsung dibuang ke badan air. Dengan alat terapan dibidang IPTEK ini dapat membantu kita melestarikan alam ini dan juga Biority telah memenuhi persyaratan Peraturan Menteri KLH No 112 tahun 2003 tentang standar kualitas air limbah rumah tangga.
Biority sangat baik digunakan untuk perumahan, hotel, pusat perbelanjaan, usaha laundry dll.
Mari lakukan aksi untuk kelangsungan lingkungan hidup yang terjaga demi anak cucu kita kelak.

sumber artikel dan gambar :
Artikel ini diikutsertakan dalam sayembara penulisan blog 2013 dengan tema; “IPTEK, Jalan Keluar Permasalahan Bidang Pekerjaan Umum“. (sumber web : http://litbang.pu.go.id/events/sayembara-penulisan-blog-2013 )
Sayembara Penulisan Blog 2013



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mampir di blog ini. Komentar anda untuk perbaikan blog sangat diharapkan. Dilarang memberi komentar yang mengandung SARA dan menyerang pribadi seseorang. Jadilah pembaca dan pengkritik yang bijaksana

 

Copyright © Warna-warni Cerita. Template created by Volverene from Templates Block
WP by WP Themes Master | Price of Silver